5 Rekomendasi Modem 4G Penunjang WFH

Sudah lebih dari satu bulan kita bekerja dari rumah atau work from home. Pandemi yang tak kunjung diketahui kapan selesainya, mendesak kita untuk menemukan pola baru bekerja di rumah. Memang dari segi pengeluaran, tentu anggaran transportasi dan jajan jadi berkurang. Tapi untuk beberapa orang mungkin bertambah karena pembelian kuota.

Beberapa orang ternyata masih memanfaatkan personal hotspot atau thetering dari masing-masing telepon genggam yang dimiliki. Apakah kamu salah satunya? Sudah merasa lumayan bokek karena pakai thetering terus menerus?

Untuk itu tim KAMIS mau memberikan 5 rekomendasi modem 4G penunjang WFH di bawah Rp1 juta yang mungkin bisa jadi pilihan kamu. Simak yuk!

 

Rekomendasi Modem 4G Penunjang WFH

(Foto: Pexels)

 

  1. Movimax MV003

Apakah kamu sering mendengar istilah MiFi? Yup, sekarang perangkat modem dengan ukuran mobile lebih banyak disebut dengan istilah MiFi atau mobile WiFi. Ukurannya yang mobile itulah yang memudahkan orang-orang yang menggunakannya, pasalnya jadi mudah dibawa-bawa.

Salah satu modem murah namun dengan kualitas baik adalah Movimax MV003. Modem ini mendukung jaringan internet cepat 4G LTE dan dijual sebagai salah satu modem pilihan XL Go.

Kalau soal kecepatan, meskipun mungil modem ini mampu mencapai kecepatan download hingga 150Mbps dan kecepatan upload hingga 50Mbps. Modem ini juga memiliki kapasitas baterai yang cukup besar hingga tahan sampai 10 jam. Soal harga, modem ini dibanderol dengan harga Rp400.000-an.

  1. Smartfren Andromax M3Y

Mau modem yang lebih murah lagi? Ada! Coba saja modem Smartrfren Andromax M3Y. Pada dasarnya kehadiran tipe modem yang satu ini memang sudah sejak lama, tapi jaringannya memang tergolong cukup cepat meskipun modem ini tidak memiliki layar.

Kalau biasanya modem hanya bisa menangani koneksi gadget dengan jumlah terbatas, modem yang satu ini cukup Tangguh. Ia bisa menangani maksimal hingga 32 koneksi gadget dengan kemampuan memancarkan WiFi di frekuensi 2.4 GHz. Soal harga enggak perlu diragukan lagi. Ramah banget di kantong. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp380 ribuan.

  1. Modem WiFi M6X Smartfren

Ini jadi salah satu pilihan paket bundling dari Smartfren. Kalau sebelumnya modem belum dilengkapi dengan layar, tipe yang satu ini sudah lebih canggih lagi. Itulah kenapa harganya pun lebih mahal sedikit, yaitu, sekitar Rp499 ribuan.

Tapi dengan harga segitu, modem yang satu ini memang good deal banget! Kenapa? Karena bisa digunakan sebagai power bank juga. Selain itu kamu pun bisa berbagai data dengan sesama pengguna, karena modem ini memiliki fitur Storage Sharing. Kamu hanya tinggal melengkapinya dengan kartu microSD.

  1. Prolink PRT7011

Memiliki desain yang sleek tanpa layar, modem ini menggunakan teknologi koneksi 4G LTE Cat4. Jumlah gadget yang bisa terhubung pun lumayan banyak, yaitu maksimal 10.

Kamu juga bisa menggunakan port micro USB pada modem ini untuk mengakses internet. Berbicara soal harga, modem ini dibanderol dengan harga Rp660 ribuan.

  1. D-Link DWR 932c

Tergolong dalam mobile WiFi, pada dasarnya modem yang satu ini memiliki ukuran yang agak lebih besar. Tapi memiliki sisi yang ramping dan ringan, sehingga masih mudah jika ingin dibawa-bawa.

Sama halnya seperti poin sebelum ini, teknologi koneksi mencapai 4G LTE Cat4. Selain itu kamu juga bisa menggunakan mengakses internet dengan cara memakai port micro USB. Cukup hubungkan port tersebut ke laptop atau komputermu,

Kabar baiknya modem ini tidak terikat dengan operator apapun, sehingga kamu dengan bebas menggunakan kartu SIM apapun. Modem ini bisa kamu beli dengan kisaran harga Rp699.000an.

 

Gimana, banyak kan pilihan modem di bawah satu juta? Kalau memang mau menggunakan modem, coba disesuaikan lagi dengan kebutuhanmu ya, Alterrans!

Manajemen Krisis untuk Pribadi

Setiap harinya, kita sebagai karyawan, pemimpin, pebisnis, atau pengusaha selalu berhadapan dengan berbagai masalah. Baik masalah yang dapat diprediksi maupun masalah yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Mulai dari masalah yang sederhana seperti tertinggal bus untuk pergi ke tempat kerja sampai dengan masalah yang tidak kita bayangkan sebelumnya,  seperti pandemi COVID-19 yang mewabah di seluruh dunia akhir-akhir ini

Setiap orang perlu memiliki ​manajemen krisis yang baik. ​Manajemen krisis dapat membantu kita untuk menghadapi dan menyelesaikan segala permasalahan yang ada. Setidaknya, manajemen krisis dapat membantu kita menjadi pribadi yang berani dalam mengambil risiko,  bukan pribadi yang menjauhi setiap permasalahan yang datang. Karena pada kenyataannya kita memang tidak bisa menghindar dari permasalahan yang hadir di kehidupan kita.

Masalah hadir untuk diselesaikan, bukan untuk dijauhi. Jika kita menunda penyelesaian masalah semakin lama, maka masalah tersebut akan menjadi semakin rumit. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang beberapa tips manajemen krisis yang sekiranya berguna, dan akan membantu kita dalam mengubah krisis menjadi sebuah peluang.

Salah satu kriteria orang sukses adalah selalu melihat masalah bukan sebagai masalah, tetapi sebagai peluang emas untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi. Jadi bagi Alterrans yang ingin menjadi orang sukses, yuk mulai dari sekarang kita ubah masalah menjadi peluang.

Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan, sebagai berikut:

Menjaga pikiran agar tetap tenang

“Tenang bro” seringkali kata-kata tersebut keluar dari mulut sahabat maupun orang terdekat kita. Hal tersebut mungkin menjadi cara yang sangat klasik dan sudah kita ketahui sebelumnya. Namun kenyataannya, cara ini merupakan ​manajemen krisis yang paling pertama.

Untuk bisa menghadapi permasalahan, baik terkait kehidupan dan pekerjaan di kantor, pikiran yang tenang dan jernih sangatlah diperlukan. Tanpa pikiran yang tenang, kita tidak bisa berpikir dengan baik. Efeknya, kita akan membuat keputusan yang kurang tepat.

Ketika masalah datang, coba langsung bayangkan bahwa masalah tersebut adalah “santapan lezat” yang perlu kita makan. Untuk menikmati santapan tersebut, kita perlu menyantapnya dengan peralatan makan yang tepat untuk menghabiskan makanan lezat yang kita miliki.

Nah, pikiran yang tenang akan membantu kita untuk memikirkan alat-alat atau strategi apa saja yang bisa kita gunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Sebagai contoh: Apakah kita perlu menggunakan masker pada saat keluar akhir-akhir ini karena wabah COVID-19? Atau kita perlu juga menggunakan peralatan lain selain masker, seperti topi, baju panjang yang tertutup, atau bahkan sepatu? Semua balik lagi kepada analisa kita mengenai peralatan apa saja yang harus disiapkan untuk menghadapinya.

Intinya ketika permasalahan datang, langsung ambil tindakan untuk menjaga pikiran kita agar tetap tenang. Selebihnya, biarkan pikiran kita berpikir dengan baik perihal solusi yang tepat untuk setiap permasalahan yang ada.

 

Berpikiran positif untuk semua kondisi

Teringat nasihat CEO Alterra secara pribadi kepada saya belakangan ini “positif bro” dalam menghadapi keadaan di sekitar, mulai dari wabah COVID-19 sampai dengan kemungkinan timbul resesi karena perekonomian Indonesia yang kurang baik.

Sering kali apa yang kita pikirkan itu yang akan menjadi hasil dan akhirnya kita dapatkan. Apabila kita selalu berpikir negatif ketika menghadapi krisis, maka alam bawah sadar kita akan membuat usaha kita menjadi sia-sia.

“POSITIVE THINKING OPEN MANY POSSIBILITIES”

Sebaliknya, jika kita berusaha untuk selalu berpikir positif. Meskipun rasanya dunia tidak mendukung pikiran positif kita, namun rasa optimis akan lahir di dalam diri kita. Sehingga sesulit apapun masalahnya, peluang akan selalu ada.

 

“Persetan dengan aturan”

Percaya atau tidak, ada kalanya kita perlu mengesampingkan peraturan-peraturan yang ada. Tetapi ini bukan berarti bahwa sebuah peraturan diciptakan untuk dilanggar lho!  Alasannya karena peraturan-peraturan yang ada di sekitar kita sering kali sudah tidak relevan dengan kondisi yang sedang terjadi. Sehingga, ​manajemen krisis terlihat sangat ketinggalan zaman. Padahal, kita bisa lebih berimprovisasi dalam menghadapi dan menyelesaikan setiap masalah yang ada di dalam kehidupan kita.

Dengan kata lain, ada saatnya kita perlu mengambil tindakan yang cukup berani dan mengabaikan atau “berpura-pura” tidak tahu terhadap peraturan yang tidak relevan tersebut, ini dilakukan demi mencapai tujuan yang kita harapkan. Hal yang paling terpenting adalah permasalahan dapat terselesaikan dengan baik tanpa merugikan orang lain.

 

Berusaha untuk berpikir berbeda bahkan menjadi orang yang berbeda

Berani untuk mengesampingkan peraturan-peraturan kuno adalah langkah awal untuk bisa berpikir secara kreatif dan inovatif dalam menghadapi krisis. Logikanya, jika kita masih belum berani untuk melangkah keluar dari zona nyaman kita, selamanya kita akan terperangkap di dalam kondisi tersebut. Dan selamanya juga kita akan menghadapi krisis dengan peraturan dan ide-ide kuno yang sebenarnya sudah tidak relevan lagi dengan masalah yang kita hadapi.

Kita dituntut untuk terus bergerak mengikuti perkembangan zaman agar tidak terbelakang. Begitu juga dengan menyelesaikan krisis, diperlukan pemikiran yang kreatif dan cemerlang untuk menyelesaikannya.

Alterra juga menanggapi ide untuk berpikiran kreatif dan inovatif, seperti menghadirkan divisi Innovation di sisi bisnis dan divisi Transformasi yang bekerja sebagai system improvement pada bidang Tech. Persiapan yang tepat untuk kondisi sekarang ini.

 

Takdir atau nasib (bukan sesuatu untuk dibandingkan)

Ada kalanya, kita suka membanding-bandingkan krisis atau masalah yang kita miliki dengan krisis yang dihadapi orang lain. Padahal, setiap orang sudah memiliki tantangan dan masalah kehidupannya masing-masing. Untuk memiliki ​manajemen krisis yang baik, kita perlu mengesampingkan takdir atau nasib yang dimiliki orang lain.

Cukup berfokus pada apa yang kita hadapi sekarang dan cintai nasib apapun yang kita miliki. Dengan menerima kenyataan yang kita hadapi sekarang, kita akan lebih mudah untuk berpikir dalam menghadapi segala krisis yang ada.

Selain itu untuk menghadapi nasib yg kita miliki jangan lupa untuk kembali ke tips nomor 1, selalu memiliki pikiran yang tenang dan persiapkan semua strategi untuk menghadapi hal tersebut

 

Krisis atau masalah mau tidak mau harus kita hadapi sehari-hari dalam kehidupan kita. Semoga beberapa tips ​manajemen krisis di atas dapat membantu kita dalam menyelesaikan segala tantangan atau ujian di dalam hidup.

4 Tips Penting untuk Optimalkan Bisnis Melalui Linkedin

Seiring berjalannya waktu, sosial media tentu menjadi salah satu media untuk mempromosikan bisnis. Bahkan sosial media pun dinilai mampu untuk menjangkau audiens yang lebih besar berikut dengan bujet yang lebih terjangkau. Linkedin jadi salah satu media sosial untuk bisnis yang paling banyak dipilih. Tak hanya untuk pribadi, tapi Linkedin tentu memiliki berbagai fitur untuk membantu bisnis atau pekerjaanmu. Ada beberapa tips penting untuk optimalkan bisnis melalui Linkedin. Simak 4 tipsnya di sini!

 

Tips optimalkan bisnsi melalui Linkedin

 

Bangun networking melalui akun Linkedin

Media sosial tentu menjadi tempat untuk melebarkan networking. Bagi pelaku bisnis, baik yang memang memiliki bisnis sendiri atau pun kamu yang bekerja dalam sebuah perusahaan, kunci untuk mengoptimalkan bisnis melalui Linkedin diawali dengan membangun networking-mu.

Membangun networking bisa dimulai dengan mencari potential connections. Kamu bisa mencari orang yang memang seprofesi denganmu, hingga yang berpotensi untuk menajdi klien.

Membangun networking pun tak hanya sekedar akun yang terkoneksi. Kamu bisa memulai percakapan kecil melalui fitur message. Sehingga akhirnya pun koneksi bisa lebih terjalin.

 

Jadi pengguna aktif dengan memberikan konten menarik

Tips selanjutnya adalah jadilah pengguna Linkedin yang aktif. Linkedin menjadi wadah yang tepat untuk menjalankan strategi konten marketing, baik dari Linkedin perusahaan, maupun akun pribadi.

Jadi mulailah untuk mengunggah konten menarik secara berkala. Kamu bisa mengunggah konten mengenai pekerjaanmu, perusahaanmu, atau bahkan hal-hal menarik yang berkaitan dengan skill atau informasi terkait tren yang ada dalam dunia bisnis.

Melalui konten, kamu juga bisa membuka pintu baru. Mungkin saja ada yang tertarik untuk menjadi klienmu karena melihat konten tersebut. Ingat kesempatan datang dari mana saja!

 

Membentuk atau tergabung dalam sebuah grup

Linkedin memiliki fitur grup yang bisa kamu maksimalkan. Kamu bisa bergabung pada grup yang sesuai dengan profesi atau lini bisnismu.

Selain itu kamu juga bisa membuat grup dan mengundang orang-orang yang berpotensial bagi bisnis kamu. Jangan lupa ketika membuat grup untuk mengisi semua kolom informasi dengan lengkap. Hal ini karena banyak orang yang tak ingin tergabung dalam grup yang kurang jelas.

Grup bisa menjadi strategy yang tepat untuk memfokuskan target pasar. Kamu juga bisa menggunakan fitur ini untuk menjual produk bisnis kamu. Gunakan juga grup untuk melakukan diskusi.

 

Minta rekomendasi teman  

Memiliki teman yang mempunyai banyak networking. Kamu bisa memanfaatkan dengan meminta rekomendasi melalui Linkedin. Sosial media yang satu ini memang memberikan fitur rekomendasi yang bisa digunakan oleh para pengguna.

Hal ini bisa dilakukan sebagai ajang promosi diri. Mintalah kepada teman-teman terdekat lebih dahulu, hingga akhirnya kamu bisa mendapatkan rekomendasi dari orang lainnya. Pastikan untuk mendapatkan rekomendasi dari orang yang tepat ya.

 

Nah, itu dia empat cara optimalkan bisnis melalui Linkedin yang bisa kamu coba. Selamat mencoba!

Panik COVID019? Jangan Buat Fokus Jadi Ambyar!

Hi Alterrans,

Apa kabar kalian semua? Stay healthy ya guys!

 

Ya seperti kita ketahui bersama, isu kesehatan sekarang jadi trending topic bukan hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Coba deh cek hashtag yang berhubungan dengan virus Corona atau COVID-19 yang akhir-akhir ini sedang tenar. Beritanya wara-wiri di media elektronik, media sosial, sampai portal-portal berita dalam dan luar negeri. Hampir semua orang juga turut membicarakannya, baik di lingkungan kantor, rumah, bahkan sampai semua grup Whatssap.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan dua WNI positif pertama pada hari Senin 2 Maret 2020, dan seiring dengan cepatnya penyebaran maka jumlah penderitanya makin hari makin bertambah. Berita tentang pandemic ini mendapatkan berbagai respon dari masyarakat, terutama kalangan para pekerja seperti para Alterrans. Responnya bermacam-macam, dari was-was hingga yang sampai melakukan gerakan preventif yang wow banget.

Misalnya ada beberapa yang panik banget, kalang kabut, langsung memecahkan celengan ayam jago kesayangan yang rencana awalnya sebagai tabungan untuk menikah, malah jadi untuk beli persediaan makanan, masker, dan hand sanitizer. Ada lagi beberapa orang panik yang jadi super waspada, jadi tidak mau salaman, tidak mau menyentuh barang apapun, sampai ketemu pacar pun jarak harus dua meter. Ada juga yang masih woles, santai kayak di pantai, dan masih banyak respon-respon lainnya. Kalau kamu sendiri memberikan respon seperti apa?

Apapun respon kamu sebaiknya tidak panik berlebihan dan tetap waspada dengan mengedukasi diri sendiri untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh agar terhindar dari virus COVID-19. Cari info akurat tentang penyebaran virus, seperti membaca bulletin Alterra yang sudah dikirimkan melalui email. Ingat yang benar dan akurat ya. Sebab banyak sekali jari-jari yang kurang bertanggung jawab menyebarkan info-info hoax mengenai penyebaran virus yang justru semakin membuat orang salah kaprah dan semakin resah.

Yuk, kita cek dan ricek dahulu, apa sih virus COVID-19 itu? Singkat saja ya, secara penulis bukan praktisi kesehatan yang mumpuni, hehe…. Virus ini berasal dari keluar virus Corona yang pada dasarnya adalah virus yang membutuhkan inang untuk bertahan hidup. Menurut penelitian yang dilakukan oleh The Journal of Hospital Infection, virus Corona dapat hidup dari 5 menit sampai 9 hari jika tidak diberi disinfektan.

Virus itu sendiri menjadi tidak aktif jika dibersihkan dengan 62-71% etanol yang biasa terkandung dalam sabun. Oleh karena itu, selain tidak berkontak langsung dengan penderita yang sakit, tetaplah menjaga kebersihan badan dan rajin untuk mencuci tangan. Kedua hal tersebut menjadi salah satu faktor penting agar tubuh kita terhindar dan berdari virus, guys!

Ketika kita sedang berada di tempat umum, sebisa mungkin untuk mengurangi kontak langsung dengan permukaan yang kotor. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, serta mandi setelah berkegiatan di luar rumah agar virus yang menempel tidak sampai masuk ke dalam tubuh. Termasuk kalau Alterrans lagi makan lalapan kesukaan, biasanya kan menggunakan air kobokan untuk cuci tangan dan lap kain berbagi, itu sama saja kita berbagi kuman lho. Pastikan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Tapi ingat cara mencuci tangannya juga harus benar, sudah banyak kok himbauan cara cuci tangan yang benar, bahkan melalui media TikTok hehe.

Kenapa sih harus cuci tangan? Ya iyalah masa ya iyadong hehe…. Tangan merupakan bagian dari tubuh kita yang sering digunakan untuk menyentuh bagian muka, hidung, dan mulut, sehingga rentan sebagai jalan masuk virus ke dalam tubuh. Kantor Alterra juga sudah menyediakan hand sanitizer lho, jadi pastikan untuk sering menggunakannya ya. Let’s keep our hand clean ya, guys!

Berikutnya, memiliki daya tahan tubuh yang kuat adalah KUNCI. Imunitas kuat adalah tameng terakhir kita dalam memerangi virus, jika virus berhasil lolos dan masuk ke dalam tubuh kita. Salah satu caranya adalah menjaga asupan nustrisi dalam makanan kita sehari-hari. Banyak makan-makanan yang bergizi seperti, sayur dan buah. Jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin tambahan bila diperlukan.

Mengonsumsi obat-obatan herbal atau jamu-jamu yang terbuat dari remah lokal juga bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat, hal ini juga didukung oleh budaya Indonesia yang mempunyai riwayat historis panjang tentang penggunaan obat-obatan herbal. Misalnya, jahe merah, royal jelly, ginseng, dan madu merupakan obat-obatan herbal yang telah jadi warisan nenek moyang kita.

Selalu menggunakan masker jika sakit atau ketika berada di luar rumah adalah pilihan bijaksana. Karena kita tidak tahu kapan virus akan tersebar di sekitar kita. Jadi, untuk berjaga-jaga selalu gunakan masker jika dibutuhkan. Alterra juga menyediakan masker dan obat-obatan yang bisa diambil sendiri di kotak obat atau bisa request langsung ke tim HR.

So, jangan panik ya Alterrans! Karena panik bisa menyebabkan stress yang mana tidak baik untuk kesehatan kita juga. Selain itu, panik juga buat fokus kita bekerja semakin ambyar, lho. Tetap jaga kesehatan ya, buat yang hobi main game sampai lembur begadang tiap malam, sampai lupa anak dan istri (ups… sorry buat yang jomblo) dikurangi dulu deh, karena kata Bang Haji itu terlalu dan berbahaya hehe… maksutnya berbahaya untuk kesehatan. Jadi, istirahat dan tidur yang cukup, olahraga agar tetap bugar, jaga pola makan dengan makan-makanan bergizi, dan selalu stay positive ya.

Semoga pandemic ini segera berakhir dan semua Alterrans selalu dalam lindungan Tuhan. Alterrans, stay healthy and happy!

×

How can we help you?

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar produk atau bisnis dengan Alterra, silakan isi form di bawah ini. Kami dengan senang hati akan menjawab dan membantu Anda.