Work at Alterra From Home: A Glance of an Intern’s Journey

Working in Alterra is something that I have never expected before. Kicking off from the
recruitment process, there was a day when I felt insecure pertaining to my application since I
believed that there were many applicants at that time. Moreover, during the psychotest, I
struggled a bit since I forgot how to answer those questions. However, what I realize is that
Alterra already gave me a lesson before I was accepted to the team, which was through the user
assignment test. Composing email marketing for Alterra Bills was the main task, which I think
was both challenging and enriching my writing skills.

Even though I felt insecure since I had to wait for some days to get new information regarding my application, I eventually got the happy news from Alterra. That email was one of the best things I
have received during that week. Followed all the pre-on boarding things that I should do, I think that Alterra has prepared a better environment for all the interns. Long story short, the long awaited
day arrived – onboarding process. Despite the current situation that it was a virtual onboarding, I think that process was one of the best and professional onboarding experiences I’ve ever got throughout
my internship journey. The videos, the presentations, and the training or catchup sessions, all of those things were the tools that helped and assisted me during my first day or first week of internship.

On top of that, the part where I was being introduced to the team through email and group, I felt so humbled and glad because of that. I even told my close friends, sort of like, “look at this cute welcoming session from my new company” hehehe:3. I knew that I will be part of the digital marketing team, yet I have never thought before that I will be paired up with this small yet very supportive division. Frankly speaking, although I haven’t got any chances to meet them in person, I feel like whenever I chatted or talked to them, it felt so chill, yet still fruitful. I am truly blessed to work alongside or even under them, particularly Mas Manday, Mba Ghea, and Kak Kintan. Those small sessions that we had really taught me that it doesn’t matter how many members you have in the team, but what matters the most is the quality of each person, their performances, and the bond of the team. Throughout my first until second week of internship, Alterra was preparing for Eid-Adha season.

I got hands-on experience through some content and article creation for Sepulsa Berkah. I was so thrilled upon receiving those assignments, because it was beyond my knowledge and the clock was ticking so fast. Nonetheless, I finally managed to create all of the contents and articles with the guidance from Mas Manday and Mba Ghea. Following the Eid-Adha session or prior to that, my user gave me a challenge in regards to Alterra Bills Instagram Evaluation as well as dig deeper into the realm of Alterra Bills product universe. Those things helped me to escalate my presentation skills to the team and other relevant things. There were so many things that I have received that I can’t write it specifically one by one. Even though that my editorial plan for Alterra Bills hasn’t got any progress from the upper level, I sincerely believe that Mas Manday gave me the task to research possible contents for Alterra Bills IG Account so that I will know what kind of content that is suitable for the product and for my development as well. That being said, being part of the digital marketing team was indeed something that I won’t exchange with anything, both the lessons and the people.

Despite the short time I had in Alterra, despite the tough decision that I had to make, despite the current circumstance that my user will be resigning soon, Alterra has given me more than an opportunity to work, but a place to learn from those people and develop myself. I surely believe that Alterra will remain successful in the near future and I also know that my experience
here will be a huge milestone for me for my future endeavours. Last but not least, I wish the best of luck for the digital marketing division since they are the powerhouse of Alterra, they are the avengers of Alterra, and they are the
keys for customers to know Alterra deeply.

(P.s. I do really like the welcoming hampers, it
was so complete and cute!!xx)

Alterra Membantu Meraih Tanganku

Dokumentasi 1.1 Innovation Hangout Maret 2021

Aku Eva, Aku baru saja menyelesaikan periode internshipku di Alterra dalam kurun waktu 5 bulan. Sama sekali enggak gombal, but, aku berani bilang bahwa Alterra adalah most amazing workplace yang bisa bantu aku berkembang. Aku sejak berumur 10 tahun memiliki cita-cita dan selalu berkeinginan besar menjadi seorang inventor. And you know what? Mata aku langsung tertuju ke lowongan di Alterra yang memasang job “Innovation Strategist Intern”. Tanpa mikir apa apa lagi langsung ku baca persyaratan dan apply, karena aku tertarik dengan keyword “Innovation” yang pastinya disitu aku akan mendapat sesuatu untuk “mengembangkan” sesuatu. Akhirnya kabar baik pun datang dari Alterra, aku diterima. Aku awalnya masuk sebagai Innovation Strategist Intern disini.

Dulu sebelum aku masuk Alterra, aku masih merasa krisis identitas. Dengan skill dan wawasan yang pada saat itu minim, tapi pengen jadi inventor. Akhirnya semua ide-ideku sebelumnya hanya ditumpahkan kedalam crafting dan lukisan saja. Kalau dibilang seniman? enggak juga. Dibilang pebisnis? Enggak juga. Kemudian Alterra datang kedalam kegelapan hidupku, aku mulai menambah insights dan skills. Aku sudah tau sekarang betapa berharga dan pentingnya sebuah data yang bahkan data pun bisa menjadi sumber ide-ide yang tidak terbatas. Dulu aku berpikir bahwa data dan statistika itu membosankan. Tapi saat ini aku berpikir bahwa data merupakan alat lukis yang sangat berpengaruh dan aku bahkan bisa mengubah dunia dengan menganalisis serta mengolah data-data yang ada jika dipergunakan secara baik dan benar.

Lalu, userku naik jabatan menjadi project manager. Dan aku pun otomatis berubah status menjadi Project Management Intern. Dalam hati aku agak terkejut, karena itu artinya aku akan menghandle beberapa tugas yang mungkin bisa saja dua tangan pun tidak cukup. Tapi aku sangat bersyukur disini. Tidak semua orang punya privilage mendapatkan banyak wawasan seperti aku saat ini. Selain menganalisis data, aku mendapatkan ilmu seperti cara berkomunikasi vertikal, horizontal, dan diagonal. Cara public speaking yang teratur dan jelas, serta mengorganisir tugas dengan rapi agar tidak berantakan.

Hal yang paling sangat aku suka adalah saat userku mau berbagi ilmu dan mengajariku tentang bagaimana menganalisa suatu produk kompetitor serta menganalisis perusahaan kompetitor layaknya seorang Corporate Analyst. Rasanya seperti ada di dalam film adegan perang dingin menyusun taktik strategi serta senjata, seru sekali! 

Kalau ditanya lelah atau enggak? Manusia pasti ada rasa lelah. Ditambah aku juga sambil aktif menjalankan kuliah semester 8 yang awal september 2021 aku harus menjalankan sidang kelulusan S1. Tapi aku jadi bisa mengambil value & bukti disini serta self-love terhadap diriku kalau diriku mampu memanajemen waktu cukup baik. Thank you so much, Alterra! Doaku untuk Alterra serta seluruh employeenya akan selalu mengalir. Alterra tidak akan pernah aku lupakan! 🙂

Pengalaman Internship selama 4 bulan di Alterra

Halo Alterrans!

Sebelumnya perkenalkan nama saya Maria Agnes Monic. Saya ingin berbagi sedikit cerita mengenai pengalaman magang saya di Alterra, Setelah hampir 4 bulan bersama Alterra. Banyak sekali hal-hal yang telah saya pelajari, yang membuat diri saya semakin tumbuh dan berkembang.

Selama magang di Alterra, saya banyak sekali belajar tentang bagaimana mengelola data yang baik dan menampilkan serta menyajikan data dalam bentuk report harian atau weekly yang akan digunakan untuk keperluan tim. Saya sangat beruntung sekali dapat berada di bawah bimbingan kak Tiki dan kak Bela yang sangat sabar dan baik dalam mengajari saya banyak hal-hal baru terutama dalam dunia pemasaran atau marketing. Selain itu lingkungan kerja dan tim yang saling mendukung, semakin membuat saya nyaman dalam kegiatan internship di Alterra. Saya sangat senang dapat menjadi bagian dalam Alterra walaupun hanya sebagai internship, tetapi saya diperlakukan seperti karyawan lainnya, pasti akan lebih menyenangkan lagi apabila pandemi ini telah usai sehingga dapat bertemu dan merasakan atmosfer langsung dari lingkungan para Alterrans.

Meskipun belum mendapatkan kesempatan tersebut saya berharap kedepannya Alterra semoga semakin sukses dan tentunya tetap menjadi best place to work. Terima kasih untuk Alterra dan Tim yang telah memberi saya kesempatan untuk dapat magang di Alterra dan tumbuh kembang bersama Alterra.

Berikut keseruan pagi melakukan alignment bersama tim, untuk tim BD Alphaone sukses terus ya, thankyou for being amazing team dan place work for me during my internship program!

3 Bulan ‘Belajar’ di Alterra

Sambil menuliskan kembali cerita saya selama menjadi intern di Alterra, saya teringat saat menemukan lowongan magang untuk mengisi posisi social media and copywriter intern di LinkedIn. “Ini perusahaan apa, ya?” gumam saya. Hari itu memang kali pertama saya mendengar start-up company bernama “Alterra”. Sebelum memutuskan apply, saya menelusuri bisnis yang dijalankan Alterra. Begitu saya mengetahui bahwa Alterra bergerak di bidang financial technology (fintech), saya semakin yakin untuk mengisi posisi tersebut.

Selain karena social media dan copywriting merupakan dua minat utama saya, menjadi intern di Alterra juga memberi kesempatan untuk berkenalan dengan industri fintech yang belum pernah saya coba sebelumnya. Beruntung, proses lamaran magang saya di Alterra berjalan lancar. Mulai dari tahap interview dengan digital marketing lead Alterra Bills, yakni Mas Manday, tahap assessment test, hingga internship offering dan on-boarding. Kak Adinda, pihak HR Alterra yang mengontak sejak awal aplikasi, banyak membantu saya sepanjang proses ini dengan merespon pertanyaan-pertanyaan saya secara cepat dan jelas.

Pengalaman baik yang saya peroleh di Alterra tidak berhenti sampai di situ. Selama menjadi bagian dari tim digital marketing Alterra Bills, saya dipertemukan dengan mentor-mentor yang sangat suportif terhadap tujuan awal saya menjalani magang di Alterra. Mas Manday, Kak Ghea yang bertanggung jawab atas performance marketing Alterra Bills, dan Kak Rio atas social media senantiasa menjawab kebingungan-kebingungan saya saat menyelesaikan beberapa project yang baru saya tangani pertama kali.  Begitu juga dengan Kak Letisia, Kak Dimas, dan Kintan. 

Menulis E-mail marketing, banner ads copy, menjalin kerja sama dengan KOL terpilih, membuat konten paid promote beserta reportnya, menyusun content plan 1 bulan, membuat landing page merupakan sebagian project yang mendorong saya eksplor dunia copywriting dan social media lebih jauh lagi. Melalui project-project ini, saya diperkenalkan dengan berbagai tools digital marketing dan bagaimana memanfaatkannya agar mampu memformulasikan strategi konten yang semakin tepat sasaran. Masih terbatasnya pengetahuan dan pengalaman saya dalam menangani project-project ini seringkali membuat saya kurang percaya diri, namun tim digital marketing Alterra Bills selalu meyakinkan bahwa mereka selalu terbuka untuk membantu. “Kalau ada yang mau ditanya, chat gue aja ya, Ges,” pernyataan itu sering saya terima dan berhasil membuat saya lebih berani meminta arahan dan bimbingan.

Pengalaman dan ilmu yang didapat selama 3 ini amat memorable bagi saya. Walau interaksi antara saya dan tim hanya dilakukan melalui Google Meet dan Telegram, namun hal itu tidak mengurangi kesan saya terhadap Alterra, khususnya tim digital marketing Alterra Bills. Akhir kata, terima kasih Alterra, khususnya tim Digital Marketing Alterra Bills, untuk 3 bulannya yang berharga!

A Bright Day as an Intern in Alterra, how my intern has changed my perspective

Hello Alterrans !

I want to share a glimpse of story about my intern life in Alterra. I am an undergraduate student majoring in Management from BINUS University. I Decided to join Alterra as my destination for my internship simply because of their amazing collaborative workplace. On top of that, I am always amazed with the achievements Alterra had. I took my first step as an OD Intern with Zero knowledge about the position. In Here, My Managers always be my first support system when it comes to sharing knowledge to their subordinates. During 4 Months of Internship, I’ve learned about assessment tools, talent mapping tools and job descriptions regulation. My managers never put me as a side hustler, they carry me to external meetings, divisions discussion and other meetings. Overall, This whole internship process is the most amazing experience I have had.

What i really like being Alterrans ?

I joined the company during the pandemic, I expected a lot of hindrances during my internship day. At the other side, Alterra provide all interns with a great supplies. Each month i received gifts from the company, Not expecting how the company could be so genuine on supporting their employees. I received a lot of benefits while working in here. Each day, POPS team hold a gathering time with the employees called “Morning Check In” where we have to bond with all members. This section, I’ve learned a lot and earned new insights every day. Moreover, i am able to participate in a gaming session everyday to create a chance winning unexpected prizes.

Lastly,

It was a great journey for me as an intern. My first internship is well paid off with great knowledge and experience. I am forever grateful to be a part of Alterrans ! I won’t forget this experience.

×

How can we help you?

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar produk atau bisnis dengan Alterra, silakan isi form di bawah ini. Kami dengan senang hati akan menjawab dan membantu Anda.