Internship in Alterra

Hi Alterrans!

Sepuluh bulan magang di Alterra bukanlah hal yang pernah saya bayangkan sebelumnya. Perkenalkan, saya Annisa Rahmayanti, biasa dipanggil Yayan sebagai nama kesayangan di divisi People Operation (POP). Saya bergabung dengan Alterra melalui program magang yang diadakan oleh kampus saya Binus University, dan Alterra Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bekerja sama dalam program ini. Kebetulan, Alterra membuka kesempatan internship dengan posisi yang saya inginkan, sebagai Talent Acquisition Intern. Sebagai mahasiswi jurusan Psikologi yang berfokus pada Psikologi Industri dan Organisasi, saya memiliki ketertarikan pada proses Rekrutmen. Dengan banyaknya review terkait pengalaman kerja di Alterra, saya tertarik dan yakin untuk mendaftarkan diri.

Selama magang di Alterra, saya dibimbing oleh supervisor dan senior-senior yang baik dan berkompeten. Saya merasa sangat terfasilitasi dengan pengalaman yang memperkaya ilmu dan kemampuan teknis saya, sehingga saya juga bersemangat dan tidak kesulitan dalam melaporkan kepada kampus saya terkait apa yang saya dapatkan dari pengalaman magang ini. Saya mempelajari banyak hal terkait Hiring Process dan juga difasilitasi untuk belajar melalui tantangan untuk membantu project-project tertentu. Selama prosesnya, saya tidak hanya dibimbing dan dirangkul oleh tim Talent Acquisition (TA), namun juga oleh seluruh senior divisi POP. Sehingga saya merasa nyaman memperlihatkan keterbatasan saya dan belajar dari mereka untuk mengembangkan keterbatasan tersebut.

Saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas pengalaman yang diberikan, bimbingan dari semua Alterrans, ilmu yang saya dapatkan, dan souvenir yang dikirimkan. Saya mengharapkan segala hal baik untuk tim TA, tim POP, dan segenap tim Alterra Indonesia untuk saat ini dan di masa mendatang. Magang di Alterra adalah pengalaman belajar yang tidak ingin saya lupakan.

Growing Experience with Alterra : Internship Story

Hello Alterrans!

Hello! Kenalin aku Juneta, mahasiswi yang memiliki kesempatan untuk internship di Alterra sebagai Culture & Engagement Intern atau biasa disebut Culment. Nah kali ini, aku mau sharing sedikit gimana pengalaman aku yang awalnya cuma menjadi mahasiswi yang memiliki 0 experience dan enggak tahu untuk mulai dari mana sampai bisa menumbuhkan pengalaman di Alterra. 

Memasuki proses internship, di situ lah juga dikenalkan dengan Team People Operations atau biasa disebut POPS. Yes! Bisa dibilang salah satu “bumbu” yang bikin proses internship itu jadi seru karena ketemu sama orang-orang di POPS setiap harinya. Kenapa? Karena align sama mereka setiap pagi dengan rutinitas kita yang biasa kita sebut “Morning Check In” sebelum mulai bekerja adalah salah satu alasan kenapa aku juga jadi lebih terbuka untuk memberikan pendapat kepada orang lain, mudah untuk berdiskusi kepada team dan bahkan jadi lebih percaya diri yang akhirnya lead me to improving my public speaking skills, lho!

(Morning Check-In POPS)

And of course, selama aku jadi Culment intern ada team yang selalu membantu, mengajarkan, dan mengarahkan aku mengerjakan pekerjaan yang belum pernah aku lakukan selama proses magang.. So from my Culment team, let’s meet Ka Adit, Ka Rizky, Ka Odi & Mba Adel! Team pertama aku di dunia pekerjaan. 

As a Culment intern di Alterra, aku belajar banyak banget hal-hal yang aku sama sekali belum dapat di dunia perkuliahan. Bahkan aku sendiri takut saat keterima internship di Alterra karena aku belum ada pengalaman sama sekali. Literally 0 experience. Tapi, it’s ok.. Ternyata team aku dengan sangat terbuka untuk selalu membantu dan mengarahkan aku selama proses magang dan bahkan juga terbuka kalo ada hal yang aku belum bisa dan mereka willing to learn with me. Sesimpel terbiasa dengan pekerjaan daily yang ada, penggunaan tools yang dipakai di Alterra, dan lain-lain. They teach me from scratch. And a few months later…look at me! Salah satunya sudah bisa mengerjakan task Culment yang ada, handle social media Alterra, membantu dalam external dan internal events Alterra, belajar untuk menjadi copywriter yang benar dan lain-lainnya. 

Mungkin buat sebagian kalian hanya hal kecil…..but for me, doing internship di Alterra as an Culture & Engagement intern menjadi salah satu pengalaman-pengalaman yang sangat berharga yang membuat aku bertumbuh dan tentu saja akan memiliki pengaruh baik untuk my next journey. 

With that, shout out to my Culment team, my first team, Ka Adit, Ka Rizky, Ka Odi. Mba Adel dan juga ibu peri POPS Mba Puspa, yang sudah jadi mentor yang keren banget dan memberikan banyak banget pengalaman yang membuat aku belajar dan grow selama aku di Alterra selama 11 bulan ini. Dan juga buat team POPS, yang selalu welcome dan selalu bersedia bantu dan kasih tau kalo ada hal yang aku belum ngerti.   

Thank you semua udah jadi salah satu bagian grow journey aku, aku belajar banyak hal selama magang di Alterra!

5 Aktivitas Seru Habiskan Waktu Liburan Nataru di Rumah Aja

Hi Alterrans!

Liburan Natal dan Tahun Baru semakin dekat nih. Sudah punya rencana liburan? Dengan adanya pelonggaran PPKM tertarik dong untuk liburan ke luar kota. Namun munculnya varian terbaru virus Covid-19 diiringi dengan peningkatan kasus bikin agak cemas untuk berlibur ke luar kota yaa. Eitss jangan khawatir Alterrans, liburan di rumah aja bisa tetap seru kok. 

Cek lima aktivitas seru di bawah ini, bisa banget lho dicoba untuk mengisi waktu liburan Nataru-mu meski di rumah aja!

Main Games Bersama

Main games memang salah satu cara paling ampuh untuk mengusir rasa bosan, apalagi kalo mainnya bareng-bareng. Ajak keluargamu untuk main games bersama! Ada banyak pilihan permainan yang bisa dilakukan seperti permainan papan, kartu, hingga online games yang bisa dimainkan bersama keluarga. Bermain games bersama bisa mencairkan suasana dan menambah kelekatan keluarga. P.s. Siapkan hadiah supaya bermainnya makin semangat ya hehe…

Lihat juga: 9 Jenis Permainan Indoor Keluarga Biar Betah #DiRumahAja | Rumah123.com

Mabar (Masak Bareng)

Memasak tidak melulu bagian dari tugas ibu tapi bisa menjadi aktivitas quality time bersama keluarga yang menyenangkan. Mengeksplorasi menu baru atau menu otentik keluarga? Bisa banget! Rencanakan menu yang akan dimasak lalu gunakan permainan sederhana untuk menentukan bagian memasak tiap anggota keluarga. Memasak bersama bisa meningkatkan kekompakan dan komunikasi keluarga lho.

Movie Time 

Aktivitas yang satu ini memang klasik tapi anti gagal, selalu ada film baru yang bisa ditonton setiap tahunnya. Kalau lebih suka film klasik khas liburan boleh juga. Setelah memasak bareng bisa menikmati santapan sambil nonton film bersama keluarga deh!

Lihat juga: 75 Classic Family Movies to Watch in 2021 — Movie Night with the Kids (rd.com)

Membuat Kreasi Keluarga

Mau coba aktivitas liburan yang produktif? Keren! Berbagai kegiatan do-it-yourself yang bisa kamu dan keluarga coba diantaranya melukis bersama, tie-dye project, berkebun hingga room make-over. Selain refreshing, kreasi keluarga bisa jadi kenang-kenangan manis di kemudian hari. Jangan lupa abadikan momen berkreasi bareng keluarga lewat vlog yaa.

Camping

Kata siapa camping harus di luar kota? Di dalam rumah pun bisa~ Siapkan beberapa selimut atau selimut yang cukup besar, penyangga dan tali temali, bersama kreativitas Alterrans maka jadilah tenda indoor! Tambah lampu tumbler supaya makin cantik dan tidak lupa s’mores agar suasana berkemah makin terasa yaa hehe… Sambil menikmati s’mores bisa menonton film atau main game bersama deh.

Lihat juga: 3 Ways to Create an Indoor Tent – wikiHow

Jadi, itulah 5 ide aktivitas seru yang bisa Alterrans coba untuk mengisi liburan Nataru kali ini meski pun #diRumahAja. Selamat berlibur!

Alterra: Internship Story

Halo Alterrans!

Aku Yori, aku magang selama 5 bulan dan aku mau berbagi sedikit pengalamanku selama magang bersama tim yang hebat di Alterra. Melalui 3x proses wawancara, aku kira sudah tidak ada harapan setelah wawancara pertama karena lumayan lama dapat kabar lagi tapi ternyata aku lolos dan mendapatkan welcoming gift yang bagus dan lucu.

Aku bergabung di Tim Finance dan Accounting dan aku dibimbing oleh kak Annisa dari awal internship. Aku banyak belajar tentang finance dan tugas utamaku adalah mencatat daily top up transaction. Setiap bulan pasti ada hal baru yang aku pelajari seperti membuat invoice transaksi, mengirim tagihan ke partner dan yang terakhir aku juga ikut membantu pengiriman faktur pajak bulanan ke partner-partner.

Don’t forget my another new sister in finance kak Dila. Aku juga banyak belajar dari kak Dila, kami saling bantu dalam pengiriman faktur pajak ke partner. Pengalaman magang di Alterra itu sangat berkesan. Aku banyak belajar cara kerja perusahaan walau hanya dari rumah. Terima kasih untuk kak Annisa dan kak Dila yang sudah mau membantu dan sabar mengajarkan hal-hal yang ada di Alterra.

Our Team may be small but it’s strong.

Our Daily Meeting

Terima kasih Alterra atas kesempatannya.

Mood Kerja Turun Saat Jam Makan Siang? Lakukan 5 Hal Kecil Ini!

Hi Alterrans,

Sudah menuju akhir tahun nih. Alterrans lagi sibuk-sibuknya mengejar target OKR atau target pekerjaan lain kah? Di satu titik, mungkin kamu merasakan lelah yang timbul dari pekerjaan dan bikin suasana hati kamu menurun. Nah, saat tiba jam makan siang, kamu bisa coba lima hal kecil berikut ini buat naikin mood. Yuk simak! 

1. Tidur

Sesederhana menutup mata, dan menghilang sejenak ke alam bawah sadar ternyata bisa bantu menaikkan mood, lho. Tidur sebentar memangnya cukup? Beruntungnya, tidur siang yang baik memang cuma perlu 20-30 menit saja. Selain meningkatkan mood, bisa bikin lebih fokus dan mengurangi capek. Lumayan, masih ada sisa waktu untuk makan siang juga hehe… Kalau kurang cocok sama tidur, masih ada aktivitas lain yang bisa dicoba kok di bawah ini.

2. Menonton

Melanjutkan series yang lagi diikuti? Nice! Mulai nonton anime baru? Lumayan bisa dapat 2 episode sekali nonton. Buka video di Watch Later list Youtube-mu? Akhirnya ditonton juga. Sekali dayung, dua tiga pulau terlewati, sambil makan siang, satu dua episode dinikmati. Menonton bisa membantu melepaskan emosi, dan memberi efek katarsis, hasilnya perasaanmu bisa jadi lebih baik.

3. Bermain dengan Hewan Peliharaan

Kalo kamu punya hewan peliharaan pasti relate dengan ini. Meski cuma sebentar, bermain dengan hewan peliharaan bisa banget meningkatkan mood. Faktanya, memeluk, mengusap, atau menyentuh hewan kesayangan bisa menenangkan kita saat stres secara instan lho! Kalau peliharaannya ikan gimana? Lihat dia berenang saja juga lumayan kok, hehe

4. Ngobrol 

Tidak bisa dipungkiri manusia butuh manusia lain buat meningkatkan mood-nya, salah satu caranya adalah dengan saling berbicara. Curhat ke orang terdekat dan ternyaman, ngobrolin berita terhangat dari idol kesayangan, sharing pengalaman lucu sama kolega sambil menikmati makan siang? Bebas! Tinggal kamu yang tentuin! Ngobrol bukan sekedar melegakan ganjalan di hati saja tapi juga bikin rileks dan lebih happy. Habis itu jadi semangat lagi deh kerjanya.

5. Mini Exercises

Yang sedang kejar tayang menyelesaikan OKR atau target pekerjaan lainnya pasti merasakan duduk terpaku di depan laptop kadang sampai bikin badan kaku. Nah, kiat yang satu ini tidak cuma bikin rileks dan sehat, tapi secara alami membantu mencerahkan suasana hati. Bisa dilakukan dengan jalan kaki, hingga naik atau turun tangga. Bahkan ada yang bisa dilakukan sambil duduk seperti peregangan leher dan bahu atau menekuk tubuh. Saat ini, ada banyak banget contoh exercises yang bisa kamu coba di internet. Coba ya!

Lihat juga: Real Time Desk Exercises & Stretches – Ask Doctor Jo

Yap, itulah lima kiat kecil untuk meningkatkan mood yang bisa kamu coba di sela jam makan siang. Selamat mencoba, Alterrans!

Lamborghini vs Avanza

Pasti tahu donk 2 brand terkenal ini. Yang satu terkenal karena produksinya yang lebih dari 1 juta unit per tahunnya, satunya lagi paling cuma 8.000 sih. Apalagi kalau specific tipe seperti Aventador, produksi per tahunnya paling hanya seribu unit. Nah yang satu mengejar quality, satunya lagi quantity. Salah kah? Ya ngga donk kalau kita ngomongin bisnis. Goal masing-masing bisnis beda. Sah-sah saja , kalau satu Perusahaan mau mengejar omset, satunya lagi mau mengejar luxury.

Terus apa korelasinya sama kerjaan, Bos?

Nah kita tuh sebenernya targetnya mau jadi apa, jadi “Lambo” atahu “Avanza” saja cukup? Dimana disini kita ngomongin kalau Lambo adalah talent yang exclusive, punya banyak kualitas yang juara dan pastinya dicari orang dengan harga yang kompetitif. Atau kita cukup jadi mediocre yang as long as gue masih punya kerjaan, ya udah lah ya…

Nah, jadi “Avanza” itu relatif mudah, kamu cukup rajin kerja, ga tukang bolos, achieve semua KPI kamu dengan nilai rata-rata, jangan sampe kena SP, berusaha nyenengin bos, selesai. Pokoknya hidup kamu aman dan nyaman.

Tapi kan dari dulu kita diajarin cita-cita setinggi langit ya kan, tapi kalau langit ketinggian, minimal pohon kelapa lah.. Soalnya langit udah di booking sama Elon Musk.

Oke, sekarang gimana sih step-stepnya biar bisa jadi “Lambo”? Buat gue ada 8 step yang harus selalu dilakukan.

1. Belajar, belajar, belajar

Dimana pun, kapan pun, kamu bisa belajar. Dari small things, dari teman, rekan kerja, team member, podcast, buku, dsb. Sekarang channel untuk bisa belajar terbuka sangat luas, semua tergantung seberapa besar keinginan kamu untuk belajar.

2. Buat koneksi yang baik dengan circle yang juga mau bertumbuh

It looks simple tapi penting lho.. kalau kamu circle nya yang puas di comfort zone, kemungkinan besar hal yang sama akan terjadi sama kamu juga (memang ga selalu sih, but mostly seperti itu..). Sedangkan kalau circle kamu adalah orang-orang yang haus ilmu, entrepreneur, at least kamu bisa “colong” ilmu juga dan buat kamu semakin bertumbuh.

3. Gagal, hajar lagi bro!

Failure, mistake, itu biasa. It happens all the time. Tapi sebisa mungkin kesalahan jangan diulang lagi. Salah sama uji coba itu beda tipis. Kalau kamu lagi menguji sampling data akan ada kemungkinan harus di recalculate berulang supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Sedangkan kalau kamu salah bayar gaji orang dan diulang, itu ya salah. Jangan bikin excuse.

4. Kerja keras, kerja cerdas

Kerja keras doank tanpa kerja cerdas tidak akan maksimal. Kamu boleh kerja keras menghitung data sales manual, tapi kamu bisa kerja cerdas dengan implementasi system yang bisa menghitung supaya data sales ter-record otomatis. Tapi semakin kamu ke atas, pasti akan selalu dituntut untuk bekerja keras.

5. Siapkan goal-goal kecil jangka pendek

Target jangka panjang kamu adalah menjadi HR Director, nah kamu bisa mulai dari set goal ambil sertifikasi, ikut di grup-grup HR, aktif di Linkedin, dsb. Karena kamu tidak akan bisa achieve goal jangka panjang kalau tidak terbiasa dengan goal jangka pendek.

6. Feedback

Inisiatif untuk meminta feedback itu bagus lho.. Kamu jadi bisa tahu, dimana kekurangan kamu, apa yang harus diimprove, apa kelebihan kamu yang bisa kamu tonjolkan dan tingkatkan. Even bisa membantu kamu untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik dari goals kamu.

7. Selalu mendengarkan

Nah, kadang mulut lebih cepat daripada telinga ya kaaaannnn. Tapi latihan untuk mendengarkan itu baik. Kamu bisa berlatih mendengarkan apa kebutuhan konsumen kamu, kamu bisa jadi berlatih mempelajari target pasar kamu, dan banyak hal positif lainnya yang bisa dimulai dari mendengarkan. But don’t stop at mendengarkan saja, coba memahami konteksnya karena listening itu beda sama hearing.

8. Jangan pikir kamu sudah cukup

Ini yang paling asik. Ketika kamu merasa you’re already good enough, capable enough, disitu titik kamu mulai stop belajar, tidak berkembang lagi. No guys, you’ll never be enough karena dunia terus berubah. Akan ada saat-saat dimana kamu rasa cukup dan nyaman. It’s ok to take a rest for a while when you already achieve your milestone. Tapi hidup itu kaya institute Pendidikan yang tidak ada endingnya. Selama kamu masih mau berkembang, you can!

9. Bersyukur

Paling simple tapi tidak mudah. Mungkin ada saatnya dimana kamu sudah ada di posisi yang tinggi namun tiba-tiba harus kembali mengulang. Tidak apa-apa, syukuri saja. Atau mungkin setelah semua kerja keras kamu, akhirnya kamu bisa mencapai posisi tertinggi, jangan lupa juga bersyukur. Karena hal yang terjadi dalam hidup kita bisa sekejap mata berubah semudah membalikkan telapak tangan. Namun ketika kamu selalu ingat bersyukur, kamu bisa menjalani semuanya dengan ikhlas.

10. Jangan lupa Bahagia

Ini yang selalu menjadi panutan di kalangan anak-anak milenial which totally true! There’s no point untuk semua hal yang sudah kamu achieve kalau kamu ga bahagia.

#Karena hidup di Alterra itu berwarna

×

How can we help you?

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar produk atau bisnis dengan Alterra, silakan isi form di bawah ini. Kami dengan senang hati akan menjawab dan membantu Anda.