3 Rekomendasi Grammar Checker

Terkadang menulis email atau laporan dalam bahasa Inggris mempunyai tantangan tersendiri. Sebagian dari kita belum tentu menguasai bahasa Inggris tingkat tinggi, dan mengandalkan Google Translate yang seringkali tidak efektif. Ada kalanya kita juga kesulitan untuk memastikan, apakah susunan kalimat kita sudah sesuai dengan kaidah tata bahasa Inggris. Beruntung, sekarang ada banyak tools yang bisa membantu kita untuk mengatasi kesulitan ini. Nah selain Google Translate, berikut adalah rekomendasi tools yang bisa dicoba ketika perlu menulis dalam bahasa Inggris. Yuk disimak!

Grammarly

Aplikasi grammar checker satu ini memiliki fitur tone detector yang bisa membuat ‘bunyi’ tulisanmu jadi sesuai kebutuhan. Selain membenahi grammar yang salah, fitur tersebut membantu menyesuaikan pilihan kata, frasa, tanda baca hingga kapitalisasi kata. Sementara, pada fitur premium, Grammarly menawarkan rekomendasi pilihan kata yang lebih hidup, membuat kalimat agar jadi lebih efektif, dan memeriksa plagiarisme. Grammarly bisa digunakan untuk Windows, Apple, Android, dan sebagai ekstensi Google Chrome. Serba mudah deh!

QuillBot

Sebenarnya fokus utama aplikasi QuillBot adalah parafrase, namun aplikasi ini bisa jadi paket praktis karena menyediakan beragam fitur untuk mempermudah tugas menulis kita. Beberapa fiturnya adalah parafrase, grammar checker, meringkas, dan membuat kutipan. QuillBot menyediakan fitur gratis dan premium untuk parafrase. Selain itu, aplikasi ini menyediakan ekstensi untuk Microsoft Word, Google Chrome, & Google Docs. Meski belum ada aplikasi untuk gawai, website QuillBot mempunyai tampilan yang ramah layar gawai. Jadi tetap oke digunakan saat on the go.

Hemingway Editor

Hemingway Editor akan menandai tulisanmu dengan warna sesuai kategori saran yang ada. Misalnya, warna kuning artinya kalimat sulit dibaca, ungu berarti ada alternatif kata yang lebih sederhana. Aplikasi ini juga mendeteksi kalimat passive voice dan adverbs yang tidak perlu.

Hemingway Editor bisa diakses secara gratis lewat website. Tapi jika ingin menjadikannya ekstensi PC atau Mac, kamu perlu bayar sekitar $20, Alterrans.

Nah demikian beberapa rekomendasi grammar checker yang bisa dicoba saat perlu menulis pakai bahasa inggris, Alterrans!

Sulit Semangat untuk Kerja Setelah Libur Panjang? Yuk Baca Ini!

Libur telah usai saatnya buka laptop dan kembali melanjutkan rutinitas kita, yaitu bekerja. Namun setelah libur panjang seperti ini, biasanya memulai rutinitas kerja jadi terasa lebih berat. Karena kadang suasana liburan masih suka terbawa dalam transisi dari mode liburan ke mode kerja. Valid nggak nih?

Oleh karena itu, artikel ini berusaha memberikan tips untuk mengembalikan semangat kerjamu setelah libur panjang. Yuk mari kita kulik!

  • Rapikan workspace

Coba kamu bayangkan, mau mulai kerja tapi tempat kerjamu berantakan? Pasti jadi nggak mood deh. 

Nah, ayo ambil waktu sejenak sebelum mulai bekerja untuk merapikan ruang kerjamu atau kamu juga bisa merapikannya dari jauh hari sebelum libur tiba supaya lebih praktis. Rapikan meja kemudian siapkan perangkat kerja, aromaterapi, minuman serta makanan ringan favorit supaya makin nyaman dan semangat untuk bekerja!

  • Buat daftar rencana kerja

Membuat to-do list akan mempermudah kamu untuk tetap on track dengan kewajiban yang harus dikerjakan.

Yuk pilah mana tugas yang harus dilanjutkan, dan mana yang baru akan dimulai. Tidak lupa, cantumkan tugas yang paling urgent di daftar teratas supaya kamu selalu ingat tugas yang harus diprioritaskan.

  • Jangan lupa istirahat di sela kerja

Di awal masuk kerja setelah libur panjang, biasanya mood untuk bekerja belum penuh. Daripada memaksa diri untuk terus bekerja karena to-do list kamu padat, sebaliknya ambilah waktu untuk istirahat sejenak di sela pekerjaan.

Keluar dari workspace-mu sejenak untuk sekedar menghirup udara segar atau makan siang tidak akan salah. Penyegaran juga dibutuhkan supaya kamu bisa fokus dengan lebih baik pada pekerjaan selanjutnya, lho.

Yup, demikian tips singkat untuk mengembalikan semangat kerjamu setelah libur panjang. Coba yuk!

Santai tapi Produktif, Coba 5 Kegiatan Ini di Akhir Pekan

Hi Alterrans!

Ada kalanya akhir pekan diisi dengan berdiam di rumah saja. Maraton film atau series, main games bersama keluarga atau pesan makanan online sudah biasa. Gimana kalau mencoba yang tidak biasa, Alterrans? Tidak sekompleks belajar mengenai cryptocurrency atau cara berinvestasi kok. Beberapa kegiatan berikut ini bikin waktu luang-mu di akhir pekan tetap terasa produktif meskipun santai. Yuk disimak!

Hapus foto dan screenshots tidak penting

Foto dan screenshots menjadi andalan kita saat memerlukan bukti cepat untuk dikirim ke kolega, dan sebagai reminder informasi berharga yang kita temukan di lingkungan kita. Nah, keduanya pula yang membuat ruang penyimpanan smartphone jadi penuh. Ayo hapus foto, dan screenshots lama yang sudah tidak penting lagi biar memori smartphone-mu lega.

Unsubscribe email yang tidak penting

Siapa yang halaman email-nya bertabur email promosi dari berbagai perusahaan? Yap, kita sama! Yuk kita unsubscribe email tersebut jika dirasa tidak penting. Selain tampilan email jadi terlihat lebih rapi, dengan mengurangi tumpukan email kita juga ikut mengurangi emisi karbon lho, Alterrans!

Merapikan barang-barang

Misalnya merapikan pakaian di lemari, mengorganisir ulang buku-buku di rak, atau mengumpulkan barang tak terpakai untuk dibuang kelak. Dijamin setelah selesai, Alterrans akan merasa produktif, sehat, dan senang. Kalau tidak percaya, coba buktikan ya! 

Catat budget mingguan & bulanan

Sebelum gaji habis, yuk gunakan waktu luangmu untuk melakukan budgeting mingguan, dan bulanan. Mencatat budget seperti ini mempermudah kita untuk melacak pengeluaran uang lho. Nah, jadi selangkah lebih bijak deh dalam mengelola uang.

Buat rencana makan untuk minggu depan

Baik masak sendiri atau nanti beli, merencanakan menu makanan bisa jadi hal menyenangkan lho. Dengan begini, kita bisa menghemat waktu, dan uang. Jangan lupa untuk perhatikan kandungan nutrisi dari menu-mu ya, Alterrans!

Nah itulah 5 kegiatan kecil di akhir pekan yang tetap membuatmu produktif. Coba yuk!

Source: ladybossproject.id

Hari Bumi: Apa Kontribusi yang Bisa Kita Berikan untuk Bumi?

Pada 22 April lalu, masyarakat memperingati Hari Bumi. Peringatan ini sebagai reminder bagi kita sebagai warga bumi untuk senantiasa mengolah dan merawat alam dengan bijak karena kita semua berpijak di atas bumi dan masih membutuhkan apa yang alamnya sediakan. Nah sebagai timbal balik, apa sih kontribusi yang bisa kita berikan untuk menjaga kelestarian bumi? Karena masih di masa pandemi, coba tiga hal yang bisa kita lakukan untuk melestarikan bumi meski dari rumah saja berikut ini ya!

  • Pilah sampah

Memilah sampah bisa mengurangi pembuangan sampah rumah tangga yang tidak tepat. Mulailah dengan memisahkan sampah organik, dan non organik. Sampah organik dapat diolah menjadi pupuk atau eco-enzyme. Sampah non organik pun bisa kita daur ulang atau pakai ulang. Misalnya thinwall yang didapat dari makanan take away bisa digunakan kembali untuk menyimpan sisa makanan di rumah. Saat ini juga terdapat banyak opsi yang bisa membantumu untuk mengolah sampah non organik dari organisasi pegiat lingkungan atau Bank Sampah yang bisa dilakukan secara online.

Lihat ini juga: Lebih Bijak, ini 3 Layanan Kelola Sampah yang Bisa Kamu Coba

  • Bijak menggunakan energi

Energi seperti listrik dan air seringkali digunakan secara kurang bijak tanpa kita sadari. Penggunaannya tidak terasa berlebihan hingga tagihannya datang hehehe… Yuk pakai listrik dan air secukupnya saja. Daripada kita ditonton televisi saat sedang main handphone, lebih baik kita matikan televisinya untuk menghemat energi. Nyalakan keran hanya ketika akan membilas saat mandi, supaya air tidak terbuang sia-sia. Selain ramah lingkungan, langkah sederhana tersebut membantu kita untuk menjadi lebih hemat bukan?

  • Membeli barang preloved

Menggunakan kembali suatu barang dapat memperpanjang usia pakai barang tersebut, sehingga kita ikut mengurangi pembuangan benda yang sebenarnya masih layak untuk dipakai. Meskipun secondhand, ada banyak produk preloved yang kondisi dan kualitasnya masih sangat baik, terlebih harganya juga lebih murah. Ada banyak pilihan produk preloved mulai dari fashion hingga perabotan yang bisa kita temukan secara online. Win-win solution buat kamu yang suka belanja dan menambah koleksi tapi tetap ingin ikut melestarikan bumi!

Nah, demikianlah tiga kontribusi sederhana yang bisa kita lakukan untuk ikut merawat bumi, Alterrans. Mari lebih peduli agar bumi tetap lestari~

* Eco-enzyme: cairan pembersih multiguna.

×

How can we help you?

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar produk atau bisnis dengan Alterra, silakan isi form di bawah ini. Kami dengan senang hati akan menjawab dan membantu Anda.